Latihan Kelincahan | Melatih Kelincahan | Agility

Latihan Kelincahan | Agility merupakan unsur penting di dalam olahraga dan perlu untuk dilatih. Latihan kelincahan dapat kita lakukan dengan berbagai macam cara. Diantaranya adalah:
1. Lari bolak balik (shuttle run)
Lari bolak balik dilakukan secepat mungkin sebanyak 6 – 8 kali dalam jarak 4 – 5 meter.  Setiap kali sampai pada suatu titik sebagai batas, maka secepatnya berusaha mengubah arah menuju titik lainnya.  Perlu diperhatikan bahwa jarak antara kedua titik tidak terlalu jauh serta jumlah ulangan tidak terlalu banyak sehingga tidak akan menyebabkan kelelahan bagi si pelaku.  Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah kemampuan mengubah arah secepat mungkin pada saat bergerak.
2. Lari berbelok-belok (zig-zag)
Seseorang berlari dengan cepat sebanyak 2 – 3 kali di antara beberapa titik, misalnya 4 – 5 titik.  Jarak setiap titik kurang lebih 2 meter.

Cara melakukan gerakan belak-belok adalah:
1)    Berdiri tegak dan kedua tangan di samping badan
2)    Pandangan ke depan
3)    Lakukan gerakan lari berbelok-belok ke arah kiri dan kanan sesuai dengan arah

3. Jongkok berdiri (squat thrust)

Gerakan dimulai dengan sikap berdiri tegak, kemudian berjongkok dengan kedua tangan di lantai dan kedua kakinya dilemparkan lurus ke belakang sehingga tubuh kelihatan lurus sepertl sikap tubuh akan melakukan push up
Kemudian tarik kedua kaki sehingga kembali ke sikap jongkok dan kembali berdiri tegak.  Keseluruhan gerakan tersebut dilakukan secepat mungkin dengan frekuensi sebanyak mungkin.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s