Peraturan Fina 2009 – 2013

Peraturan FINA 2009-2013 : FASILITAS

File pdf dapat diunduh  Di sini Oke

PERATURAN FASILITAS

(Facilities Rules)
(Berlaku mulai 24 September 2009)
Pengantar
Peraturan Fasilitas ini dimaksudkan untuk menyediakan lingkungan yang terbaik untuk digunakan tempat perlombaan dan Latihan. Aturan ini tidak dimaksudkan untuk mengatur masalah yang berkaitan dengan masyarakat umum. Ini adalah tanggung jawab pemilik atau pengontrol fasilitas untuk memberikan pengawasan kegiatan masyarakat.
FR 1 UMUM (General)
FR 1,1 Kolam Renang Standard untuk Olympiade FINA
Kolam Renang untuk penyelenggaraan semua kejuaraan dunia (kecuali Masters World Championships) dan Olimpiade harus diselenggarakan  di kolam yang sesuai dengan Aturan FR3, FR 6, FR 8, dan FR 11.
FR 1,2 Kolam Renang standard umum FINA.
Semua kegiatan FINA lainnya harus diselenggarakan di Kolam renang Standard olympiade FINA, tetapi Biro FINA bisa memberikan pertimbangan lain atas suatu kolam renang jika secara fisik tidak akan mengganggu pelaksanaan perlombaan.
FR 1,3 Kolam Renang Standard Minimum FINA.
Semua kegiatan lainnya yang diselenggarakan di bawah peraturan FINA harus dilakukan di kolam yang sesuai dengan semua standar minimum yang terdapat dalam Bagian ini.
FR 1,4 Untuk melindungi kesehatan dan keselamatan orang yang menggunakan fasilitas renang untuk tujuan rekreasi, pelatihan dan perlombaan, adalah tanggung jawab pemilik kolam renang kecuali bila digunakan untuk latihan dan perlombaan harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh hukum dan aparat kesehatan di negara mana kolam renang berada.
FR 1,5 Peralatan baru untuk perlombaan (misalnya Blok tempat start, tali lintasan, dll) harus sudah tersedia setidajnya 1 Januari di tahun Olimpiade dan Kejuaraan Dunia FINA.
FR 2 KOLAM RENANG ( Swimming Pool )
FR 2,1 Panjang (Length)
2.1.1 FR 50,0 meter. Bila menggunakan papan sentuh (touch pad) alat pengambil waktu otomatis dipasang pada ujung tempat start, atau ditambahkan pada ujung tempat pembalikan, kolam haruslah sedemikian rupa hingga terjamin persyaratan ukuran 50,0 meter diantara kedua papan sentuh.
2.1.2 FR 25,0 meter. Bila menggunakan papan sentuh (touch pad) alat pengambil waktu otomatis dipasang pada ujung tempat start, atau ditambahkan pada ujung tempat pembalikan, kolam haruslah sedemikian rupa hingga terjamin persyaratan ukuran 25,0 meter diantara kedua papan sentuh.
FR 2,2 Toleransi Ukuran ( Dimensional Tolerances )
FR 2.2.1 Dari ukuran panjang nominal 50,0 meter, diberikan toleransi panjang lebih ( + ) 0,03 meter danvminus 0,00 meter di setiap jalur pada kedua dinding ujung kolam dari 0,3 meter di atas dan 0,8 meter di bawah permukaan air diperbolehkan. Pengukuran ini harus disyahkan oleh instansi atau pejabat yang memenuhi syarat lairesmi dan berwenng atau pihak lain yang memenuhi syarat yang ditunjuk atau disetujui oleh Federasi anggota yang berwenang di negara di mana kolam tersebut berada. Toleransi tidak boleh melebihi persyaratan bila dipasang papan sentuh.
FR 2.2.2 Dari ukuran panjang nominal 25,0 meter, diberikan toleransi panjang lebih ( + ) 0,02 meter danvminus 0,00 meter di setiap jalur pada kedua dinding ujung kolam dari 0,3 meter di atas dan 0,8 meter di bawah permukaan air diperbolehkan. Pengukuran ini harus disyahkan oleh instansi atau pejabat yang memenuhi syarat lairesmi dan berwenng atau pihak lain yang memenuhi syarat yang ditunjuk atau disetujui oleh Federasi anggota yang berwenang di negara di mana kolam tersebut berada. Toleransi tidak boleh melebihi persyaratan bila dipasang papan sentuh.
FR 2,3 Kedalaman (Depth) – Kedalaman minimum 1,35 metes, mulai dari jarak 1,0 meter sampai setidaknya 6,0 meter dari ujung dinding kolam yang mempergunakan Start-Block. Kedalaman minimal 1,0 meter diperlukan di tempat lain.
FR 2,4 Dinding (Walls)
FR 2.4.1 Dinding dinding kolam renang harus sejajar dan tegak lurus dengan jalur lintasan dan permukaan air, dan harus dibangun dari bahan yang padat, permukaan yang tidak licin sampai 0,80 meter dibawah permukaan air, untuk memungkinkan peserta menyentuh dan tidak terpeleset diwaktu bertolak dalam melakukan pembalikan
FR 2.4.2 Diperkenankan adanya tempat berpijak ( istirahat) pada seluruh dinding kolam; Tempat berpijak tersebut harus berada tidak kurang dari 1,2 meter di bawah permukaan air, yang lebarnya antara 0,1 meter sampai 0,15 meter.
FR 2.4.3 Talang/parit (gutters) dapat ditempatkan pada keempat dinding kolam. Jika di akhir dinding talang  dipasang, harus memungkinkan untuk pemasangan papan sentuh dan yang dibutuhkan 0,3 meter di atas permukaan air. Talang harus ditutup dengan penutup yang berjeruji atau penutup yang sesuai.
FR 2,5 Lintasan (Lanes)  harus sedikitnya lebar 2,5 meter, dengan adanya 2 (dua) ruangan yang lebarnya minimal 0,2 meter masing masing di luar lintasan yang terakhir dan pertama.
FR 2,6 Tali Lintasan (Lane Rope)
FR 2.6.1 Pada kolam dengan 8 lintasan harus penuh sepanjang lintasan, terpasang/ terkait pada kaitan yang dipasang ditiap dinding ujung panjang kolam. Kaitan harus dipasang sedemikian agar tali lintasan tetap mengapung dipermukaan air diantara kedua dinding ujung panjang kolam. Tiap tali lintasan terdiri dari pelampung pelampung yang berderetan rapat, bergaris tengah minimal 0,05 meter dan maksimum 0,15 meter.
Pada Kolam renang, warna dari tali lintasan haruslah sebagai berikut:
• Dua (2) Hijau (GREEN) tali untuk Lintasan 1 dan 8
• Empat (4) Biru (BLUE) tali untuk Lintasan 2, 3, 6 dan 7
• Tiga (3) Kuning ( YELLOW) tali untuk Lintasan 4 dan 5
Pelampung yang ada pada tali lintasan sepanjang 5,0 meter dari masing-masing ujung kolam harus berwarna MERAH.
Tidak boleh ada lebih dari satu tali lintasan yang berada antara tiap lintasan. Tali Lintasan harus terentang kokoh.

FR 2.6.2 Pada jarak 15 meter dari masing-masing dinding ujung kolam,alat pengapung ditiap lintasan harus mempunyai warna yang berbeda dengan pelampung dikedua belah ujungnya.

FR 2.6.3 Pada kolam 50, pada jarak 25 meter pelampung ditiap lintasan harus mempunyai warna yang terang/ jelas.
FR 2.6.4 Nomer lintasan dari bahan yang lembut dapat ditempatkan pada kedua ujung tali lintasan.
FR 2,7 Tempat Start (Starting Platforms)
Tempat Start harus tidak dapat bergerak dan tidak dapat memantulkan. Tinggi tempat Start dari permukaan air bolehmulai dari 0,5 meter s/d 0,75 meter. Permukaannya minimal harus 0,5 x 0,5 meter dan dilapisi dengan bahan yang tidak licin. Kemiringan tidak lebih dari 10 Derajat. Bidang tempat Start dibangun sedemikian rupa sehingga pada waktu start kedepan, memungkinkan perenang untuk memegang (grip) sebelah depan atau kedua pinggir/ sisi tempat start. Disarankan agar jika ketebalan sisi tempat start melebihi 0.04 meter, lebar tempat pegangan setiap sisi setidaknya 0,1 meter dan yang 0,4 meter lebar didepan dikecilkan menjadi 0,03 meter dari permukaan tempat start. Pegangan untuk start gaya punggung harus terpasang secara Horizontal dan Vertical antara 0,3 meter sampai 0,6 meter diatas permukaan air. Pegangan itu harus sejajar dengan permukaan dinding ujung kolam dan tidak menonjol keluar melewati dinding. Bila menggunakan tempat Start, maka mulai dari 1,0 meter sampai 6,0 meter dari dinding kolam, kedalaman air setidak tidaknya harus 1,35 meter. Papan hasil elektronik boleh dipasang dibawah tempat start. Yang bercahaya/ mengkilat (flashing) tidak diperbolehkan. Figure (figures) tidak boleh bergerak pada waktu Renangan gaya Punggung.
FR 2,8 Penomoran (Numbering)
Setiap tempat Start harus diberi nomor yang jelas di keempat sisi, yang dapat terlihat jelas. Lintasan Nomer 0 adalah yang paling kanan bila dari tempat start menghadap kea rah lintasan/ panjang kolam sesuai untuk acara 50 meter yang boleh start dari seberang. Papan sentuh boleh diberi nomor disebelah atas.
FR 2,9 Tanda untuk Pembalikan gaya punggung (Backstroke Turn Indicator)
Tali dengan bendera-bendera yang digantungkan melintang setidaknya 1,8 meter diatas permukaan air, dikaitkan ke tiang-tiang yang terpanjang dipinggir kolam 5,00 meter dari tiap dinding ujung panjang kolam. Jarak 15,0 meter dari tiap dinding ujung panjang kolam dikedua pinggir kolam, harus dipasang tanda yang jelas dan bilamana mungkin disetiap tali lintasan 15,0 meter dari tiap dinding panjang kolam.
FR 2,10 Tali Start Salah (False Start Rope)
Harus digantung melintang lebar kolam setidaknya 1,2 meter diatas permukaan air dan 15,0 meter dari dinding kolam tempat start. Tali ini harus dikaitkan pada tiang dengan alat mekanik yang dapat dengan cepat melepaskan tali tersebut. Bila diaktifkan tali harus dengan efektif dapat melintang disemua lintasan.
FR 2,11 Suhu Air  (Water Tempetarure)
harus 25 ° – 28 °. Selama perlombaan berlangsung air di kolam harus dijaga agar ketinggiannya tetap, tanpa gerakan yang terasa. Untuk memenuhi peraturan kesehatan yang berlaku di sebagian besar negara, adanya aliran air masuk dan keluar (sirkulasi) diperkenankan asalkan tidak ada arus yang terasa dan menimbulkan gelombang.
FR 2,12 Penerangan (Lighting)
 Intensitas cahaya diatas tempat start dan tiap ujung tempat pembalikan harus tidak kurang dari 600 lux.
FR 2,13 Garis garis Tanda Lintasan (Lane Marking)
Garis tanda lintasan harus dari warna kontras gelap, ditempatkan di lantai kolam renang di ditengah tengah masing masing lintasan
Lebar     :               minimal 0,2 meter, maksimum 0,3 meter.
Panjang:              46,0 meter untuk kolam panjang 50 meter ;
                                21,0 meter untuk kolam panjang 25 meter.
Tiap garis lintasan berakhir 2,0 meter sebelum dinding ujung kolam dan dikedua ujung garis ada garis melintang yang panjangnya 1,0 meter dan lebarnya sama dengan lebar garis lintasan. Garis sasaran harus dibuat ditengah tengah pada tiap dinding ujung kolam atau papan sentuh alat pengambil waktu otomatik, dengan lebar sama dengan garis lintasan. Tiap garis ini harus terentang tanpa putus mulai dari bibir dinding kolam sampai ke dasar kolam. Satus garis melintang sepanjang 0,5 meter dobuat pada kedalaman 0,3 meter dari permukaan air bila diukur sampai ke titik tengah garis melintang tersebut.
Untuk kolam renang 50 m dibangun setelah tanggal 1 Januari 2006, garis melintang 0,5 harus ditempatkan pada tanda masing-masing 15 meter dari ujung kolam.
FR 2,14 Tembok Miring (Bulkheads)
Bila dinding lebar kolam tempat finis mempergunakan system “bulkhead” maka sepanjang dinding tersebut harus ditutup dengan bahan permukaan rata, tertempel kuat tidak bergerak, tegak lurus, tidak licin, dimana papan sentuh bisa dipasang, setidaknya mulai dari 0,8 meter dibawah hingga 0,3 meter diatas permukaan air. Harus bebas dari adanya lubang diatas maupun dibawah permukaan air yang mungkin bisa dimasuki tangan, kaki, telapak kaki, jari-jari tangan perenang. Suatu dinding “bulkhead” harus dibuat sedemikian rupa sehingga petugas dapat bebas bergerak sepanjang lebar kolam tanpa membuat gerakan air.

 

2 thoughts on “Peraturan Fina 2009 – 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s